Museum Arma (Museum Agung Rai)

Museum Arma Ubud

Museum Arma (Seni Agung Rai) adalah salah satu museum seni di Ubud yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara bahkan menjadi salah satu wishlist di daftar liburan mereka.

Kawasan Museum

Museum Arma Ubud memiliki design yang berbeda dari kebanyakan museum, karena museum ini memilih tema perkebunan dilengkapi dekorasi khas budaya bali seperti patung-patung yang terpasang disekitaran kawasan museum.

Jika kita berkeliling disekitar kawasan Museum Arma Ubud ini, kita akan menemukan tanaman-tanaman yang indah tersusun rapi seperti tanaman angrek dan lily pound.

Ketika menjelajahi kawasan museum arma, pengunjung diharapkan berhati-hati karena museum ini dibangun diatas tanah yang memiliki struktur tanah naik-turun yang memungkinkan pengunjung bisa terpeleset.

Daya Tarik Museum Arma

Museum Agung Rai Ubud adalah salah satu museum yang menyimpan berbagai hasil seni lukis dari beberapa pelukis terkenal. Karya seni lukis yang tersimpan di museum ini antara lain :

  • Paul Husner – Landscape with Mount Agung Sidemen Village Bali
  • Ida Bagus Made Nadera – Rajapala
  • I Wayan Pendet – Elephant
  • Raden Roedyat Martadiradja – Royal Cremation Ceremony
  • Raden Saleh – Javanese Nobleman and his Wife
  • Ida Bagus Nyoman Rai – Rajapala
  • Ketut Sadia – Lion Mengambang Riang
  • Srihadi Soedarsono – Portrait of Agung Rai Suartini
  • Tagen I Ketut – Forest Scene

Untuk melihat contoh koleksi seni lukis yang ada di Museum Arma, kamu bisa melihatnya di halaman Google Art and Culture – ARMA Museum.

Selain dari koleksi seni lukis, pengunjung bisa menikmati perkebunan sekitar museum arma ini untuk melakukan sesi pemotretan.

Sangat rugi jika pengunjung tidak membawa kamera jika mengunjungi museum ini, karena museum ini memiliki banyak sekali spot foto yang cukup instagramable.

Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Museum Arma Ubud terletak di Jalan Pengosekan, Ubud, Gianyar, 80571.

Akses untuk menuju lokasi ini sangat mudah dijangkau. Jika kamu mengindap di Karma Mayura, kamu hanya perlu menempuh waktu perjalanan sekitar 8 menit atau 3.5 KM.

Jika Kamu merencanakan untuk mengunjungi Hutan Monyet Ubud, kamu sangat beruntung! karena dari mokey forest hanya perlu berjalan kaki sekitar 900m untuk mencapai Museum Agung Rai ini.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di peta dibawah ini :

Museum Agung Rai memiliki jam buka 09:00 – 18:00 WITA (waktu Bali) setiap hari. Jadi untuk wisatawan tetap bisa mengunjungi museum ini walaupun hari weekend dan weekday.

Nah, untuk harga tiket masuk museum arma ini cukup terjangkau untuk kantong para wisatawan. Wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 50.000 untuk bisa masuk kedalam museum ini. Biaya masuk museum 50.000 ribu Rupiah sudah termasuk minuman teh atau kopi yang bisa dinikmati di kafe yang berada dikawasan museum arma ini.

Cultural Workshops Museum Arma

Tidak hanya terdapat lukisan saja di museum ini, Tapi.. Museum Arma juga miliki beberapa cultural workshops yang dikhususnya untuk pengujung yang ingin belajar atau mengetahui budaya khas bali.

Apa saja cultural workshops yang tersedia di museum arma ? Berikut daftarnya :

Golden Hour

Sebelum matahari terbit, wisatawan akan berkumpul di ARMA Kitchen & Lounge. Dari sana Agung Rai (Pendiri ARMA) akan membawa pengunjung untuk perjalanan kecil di sepanjang harta karun asli Bali. Desa-desa yang masih alami, pemandangan yang paling menakjubkan, situs kuno dan orang-orang luar biasa.

RINDIK

Rindik adalah salah satu instrumen Gamelan Bali yang terbuat dari tabung bambu, tergantung di bingkai kayu.

Suaranya berasal dari memukul bambu dengan tongkat kecil berpasangan. Ini dimainkan secara normal dengan dua pemukul, satu dipegang di kiri dan satu di kanan. Suara bulat dan kompak dari Bali Rindik sangat merdu.

Dalam workshop ini pengunjung akan mendapat pelajaran singkat cara bermain Rindik.

Seorang instruktur akan mengajarkan pengunjung untuk mengikuti instrumen yang membuatnya terdengar lebih indah. Lokakarya ini akan menjadi salah satu kenangan berharga untuk pengunjung bawa pulang.

Yoga

Yoga populer di Bali. Ribuan orang mengunjungi pulau itu untuk mengikuti kelas Yoga.

Retret Yoga Bali tak tertandingi dalam kemampuan mereka untuk menyegarkan semangat. Karena ARMA adalah tentang keseimbangan dan kestabilan batin.

Hindu Astrology & Numerology

Lokakarya populer ini menguraikan metode astrologi Hindu. Peserta belajar tentang sejarah bentuk astrologi ini, mencari tahu ulang tahun Bali mereka dan artinya sesuai.

Lokakarya yang menarik ini memberi pengunjung wawasan tentang kalender Bali 6 bulan, menjelaskan waktu banyak ritual dan upacara.

Modernity In Bali

Apa masalah umum dan spesifik yang dihadapi Bali saat ini? Apa tren modern yang berlaku di Bali? Bagaimana tren ini mempengaruhi orang Bali dalam kehidupan sehari-hari mereka, termasuk pandangan budaya dan agama? Kuliah yang mendalam, diikuti dengan diskusi yang hidup, tidak hanya akan membuktikan pelajaran bagi pengunjung, tetapi juga akan membantu kamu untuk menempatkan kesan liburan kamu ke dalam perspektif.

History Of Bali

Pelajari lebih lanjut tentang pulau ini melalui penuturan anekdot tentang sejarah Bali. Apa atau sudah pengaruh utama pada budaya dan agama? Bagaimana Bali mendapatkan namanya? Apa maksud Bali? Ini adalah lokakarya penting bagi semua pengunjung karena menambah makna dan substansi waktu mereka di Bali.

Kami sangat menyarankan Kamu memasukkan objek wisata ini pada rencana perjalanan Kamu.

Egg Painting

Kursus ini menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk menumbuhkan selera estetika, imajinasi individu, dan secara bersamaan meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka sendiri dalam mengekspresikan ide-ide artistik mereka dalam bentuk kerajinan tangan yang unik dan kuno.

Pengecatan telur adalah pekerjaan menggambar dan melukis yang sangat halus. Mempelajari seni akan memberikan pengunjung pemahaman yang lebih dalam tentang periode transisi yang sangat menarik di mana seni Bali menemukan dirinya hari ini.

Silver Class

Pelajari dasar-dasar teknik pembuatan perak dalam lokakarya tingkat pemula 3 jam ini. Keterampilan yang dipelajari termasuk penggunaan obor asetilena, penyolderan, penggergajian, penempaan, sekering dan tekstur.

Pengunjung akan membuat satu perhiasan perak jadi dari desain mereka sendiri. Tidak perlu pengalaman.

Lontar Leaf Painting

Pelajari teknik kuno menggambar di daun lontar. Pengunjung akan menuliskan ilustrasi pada daun lontar dengan stylus besi yang dikenal sebagai pangrupak tanpa bantuan sketsa awal.

Setelah ilustrasi selesai, sayatan dihitamkan dengan mengoleskan pasta yang terbuat dari campuran bubuk kemiri dan minyak kelapa yang dihaluskan ke permukaan daun.

Ketika dibersihkan, sayatan menghitam menonjol tajam terhadap warna daun. Akhirnya daun dibersihkan dengan dipotong belimbing buluh. Seluruh prosesnya mengagumkan dan mudah dimengerti.

Membuat suvenir yang lebih orisinal dan bermakna sulit dibayangkan

Offering Making

Pengunjung terpesona oleh kemegahan persembahan Bali? Maka ini adalah hari Kamu untuk bersenang-senang dan edukatif kreatif. Para peserta akan belajar membuat persembahan dari adonan berwarna, dedaunan berukir, dan bambu. Mereka juga akan mempelajari arti dari persembahan harian dan bagaimana cara melakukannya.

Sekali lagi sebuah lokakarya, kami sangat merekomendasikan untuk tamu yang tidak hanya ingin tahu lebih banyak tentang budaya Bali, tetapi yang ingin membawa pulang keterampilan yang begitu mengakar dalam kehidupan sehari-hari orang Bali.

Balinese Painting Lecture & Working Tour

Dalam kuliah kelompok ini, para peserta berjalan melalui Museum (Bale Daja dan Bale Dauh) untuk melihat koleksi unik Agung Rai.

Panduan ini akan memberi Kamu informasi mendalam tentang sejarah seni lukis di Bali, lukisan yang dipamerkan, maknanya, dan gaya lukisan yang berbeda. Kamu juga akan mendapatkan kesan yang baik tentang seniman Indonesia kontemporer dan seniman asing yang terinspirasi oleh Bali.

Painting Class

Workshop ini dirancang khusus untuk memperkenalkan para peserta lukisan Bali. Mereka akan mendapatkan instruksi individu dan menghasilkan lukisan mereka sendiri, untuk memenuhi kepuasan mereka sendiri.

Objek wisata ini harus menjadi bagian dari tur penemuan Bali Kamu.

Balinese Batik

Ini adalah lokakarya di mana peserta akan belajar tentang banyak fitur batik Bali, yang terutama adalah bentuk, motif, teknik yang digunakan, dan sejarahnya.

Petunjuk yang menarik adalah membandingkan dan menemukan perbedaan antara motif-motif yang unik untuk batik Bali dan motif-motif yang mewakili batik Jawa untuk referensi instruktif. Dalam lokakarya ini, setiap peserta akan menerima satu set peralatan dan akan membuat sepotong batik Bali.

Wood Carving

Dalam lokakarya langsung ini, para peserta diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar di balik pemodelan objek dalam kayu. Peserta akan berkenalan dengan alat-alat yang diperlukan dan mempelajari teknik ukiran dasar.

Di bawah pengawasan seorang instruktur, setiap orang akan mengukir objek sederhana. Semua alat dan bahan disediakan.

Balinese Cooking

Pilihan hidangan tradisional Bali yang menarik dipertunjukkan, dengan peserta menyiapkan makanan yang cukup untuk makan siang mereka sendiri.

Kelompok-kelompok diajarkan untuk makan gaya asli, dengan tangan atau biasa disebut pakai tangan. Satu set resep lengkap diberikan dengan petunjuk langkah demi langkah untuk mereproduksi hidangan pedas lezat ini di dapur Kamu sendiri.

Kejutkan keluarga dan orang-orang terkasih Kamu di rumah dengan keterampilan memasak Kamu yang baru dan eksotis.

Basket Weaving

Keranjang di Bali ditenun dengan cara yang sangat unik. Dari hari ke hari seniman Bali selalu menciptakan bentuk dan pola baru, menjaga keindahan produk yang mengagumkan. Jangan lewatkan pengalaman ini. Instruktur kami yang luar biasa selalu siap untuk mengajarkan Kamu cara mencapai keunikan dalam membuat kerajinan tangan yang indah ini.

Hiduism In Bali

Kuliah mendalam ini memberikan wawasan tentang merek unik Hindu yang dipraktikkan di Bali. Peserta akan belajar tentang ritual keagamaan dan upacara yang terbukti di seluruh pulau.

Pembuatan persembahan seremonial yang besar akan berfungsi sebagai demonstrasi bagi peserta untuk belajar bagaimana membuat persembahan mereka sendiri.

Traditional Balinese Architecture

Bangunan rumah di Bali merupakan bagian integral dari agama Hindu. Tidak ada yang tersisa untuk kesempatan. Semuanya memiliki makna. Pelajari bagaimana rumah-rumah tradisional Bali dirancang dan dibangun. Tetapi juga dengan cara apa mereka dihuni.

Lokakarya hebat tentang memahami tidak hanya arsitektur Bali, tetapi juga tentang ikatan keluarga Bali dan tempat mereka di Banjar.

Balinese Gamelan

Dalam lokakarya 2 jam ini kelompok akan belajar tentang sejarah gamelan, penggunaan gamelan dalam konteks desa, dan demonstrasi oleh musisi-musisi ahli. Para peserta kemudian akan mendapatkan kesempatan untuk memainkan instrumen dan belajar memainkan karya pendek.

Balinese Dance

Kuliah ini memberikan informasi dasar mengenai tarian tradisional dalam konteks ritual. Dua dari penari paling terkenal di Bali akan menunjukkan gerakan tertentu dan langkah-langkah yang hadir.

Setelah itu, para peserta akan diberikan kesempatan untuk belajar dan berlatih tarian sendiri. Wanita akan mempelajari beberapa fitur dari tarian selamat datang Panyembrahma, dan para pria mempelajari beberapa gerakan dasar tarian prajurit Baris.

Biaya Mengikuti Cultural Workshops

Berikut adalah daftra harga jika Kamu ingin mengikuti kegiatan cultural workshops yang tersedia di Museum Arma (Museum Agung Rai)

Golden Hour

US$

75

Duration : 3-4 hours

RINDIK

US$

25

Duration : 2 – 3 hours

Yoga Class

US$

50

Duration : 2 – 3 hours

Hindu Astrology & Numerology

US$

44

Duration : 2 hours

Modernity In Bali

US$

44

Duration : 2 hours

History Of Bali

US$

44

Duration : 2 hours

Egg Painting

US$

44

Duration : 2 hours

Silver Class

US$

45

Duration : 3 hours

Lontar Leaf Painting

US$

35

Duration : 2 hours

Offering Making

US$

35

Duration : 2 hours

Balinese Painting Lecture & Working Tour

US$

55

Duration : 2 hours

Painting Class

US$

44

Duration : 2 hours

Balinese Batik

US$

44

Duration : 2 hours

Wood Carving

US$

35

Duration : 2 hours

Balinese Cooking

US$

50

Duration : 3 hours

Basket Weaving

US$

44

Duration : 2 hours

Hiduism In Bali

US$

44

Duration : 2 hours

Traditional Balinese Architecture

US$

50

Duration : ? hours

Balinese Gamelan

US$

25

Duration : 2 hours

Balinese Dance

US$

25

Duration : 2 hours

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *