Suasana Pasar Seni Ubud Bali

Pasar Seni Ubud Bali

Dikenal sebagai pusat seni di Bali, Ubud memiliki beberapa tempat yang terkenal dengan pasar seninya. Bagaimana tidak, Jika kita melihat dari sejarahnya, dalam pembangunan istana Ubud dibantu oleh seniman dunia bernama Walter Spiers dan setelah pembangunan istana selesai, beliau memilih untuk menetap di Ubud dan banyak seniman lainnya mengikutinya untuk menetap, sehingga tidak heran jika Ubud dikenal sebagai pusat seni. Untuk sejarah lengkapnya bisa dilihat diartikel Sejarah Ubud Sebagai Pusat Seni.

Pasar seni ubud adalah tempat wajib yang banyak dikunjungi wisatawan baik dari domestik atau mancanegara untuk memburu oleh-oleh khas kebudayaan dan kesenian bali untuk diberikan kepada keluarga dan sanak saudaranya.

Untuk lebih informasi lebih lengkap bisa dilihat dipembahasan dibawah ini.

Lokasi Pasar Seni Ubud

Dimana lokasi Ubud Art Market Bali ?

Pertanyaan tentang itu memang sudah sering ditanyakan oleh berbagai wisatawan karena alamatnya tidak lengkap bahkan di Google Maps sendiri masih minim informasinya.

Pasar seni tradisional terletak di Jalan Raya Ubud No.35 – Ubud, Bali. Yang dimana lokasi itu sangat strategis dan dilalui banyak wisatawan terlebih lagi lokasinya berdekatan dengan tempat wisata Puri Ubud yang hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 menit dengan berjalan kaki.

Perlu diingat untuk wisatawan ingin membawa kendaraan pribadi, didekat pasar seni memang memiliki lahan untuk parkir, tapi mengingat lokasinya yang strategis yang kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan tempat parkir karena keterbatasan lahan dan banyaknya pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Saat ini tim Lienetic Holiday sudah memperbarui informasi untuk Ubud Art Market Bali di Google Maps

Rute Terbaik Menuju Pasar Seni Ubud

Lokasi sudah kita ketahui, sekarang saatnya kita mencari rute terbaik untuk mencapai lokasi ini.

Karena berdekatan dengan tempat wisata dipembahasan sebelumnya yaitu Hutan Monyet Ubud dan Puri Ubud maka rutenya pun tidak jauh berbeda.

Jika kamu menginap di Resort Mayura, kamu hanya perlu menempuh waktu perjalanan sekitar 22 menit dengan melalui Jl. Raya Mas kemudian melalui Jl. Monkey Forest menggunakan mobil.

Untuk kami yang akan membuat rencana liburan dan memasukan ubud art market kedalam daftar kamu. Kami berikan informasi jarak dan waktu tempuh sebagai referensi kamu.

Lokasi Penginapan Jarak Tempuh Waktu Tempuh
Kecamatan Blahbatuh 15 – 19 Km 35 – 41 Menit
Kecamatan Gianyar 13 – 19 Km 37 – 44 Menit
Kecamatan Payangan 23 – 31 Km 46 Menit – 1 Jam 10 Menit
Kecamatan Sukawati 10 – 13 Km 25 – 31 Menit
Kecamatan Tampaksiring 15 – 18 Menit 36 – 47 Menit
Kecamatan Tegallalang 15 – 18 Km 38 – 42 Menit

Jam Buka Pasar Seni Ubud

Sama halnya seperti lokasi, jam buka juga sering ditanyakan oleh pengunjung.

Jam buka pasar seni tradisional ubud mulai dari 04.00 hingga 18.00.

Pengunjung tidak akan dikenai biaya (gratis) untuk memasuki ubud market art. Pengunjung bebas menjelajah area pasar untuk sekedar melihat-lihat dan membeli karya seni karena semua karya seni terpampang jelas dijalan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi ubud art market adalah dipagi hari.

Karena masyarakat bali memiliki kepercayaan Pegarus Dagangan yang dimana penjual harus menjual barang dagangan dipagi hari walaupun dengan untung yang kecil agar mereka diberikan kelancaran dalam berjualan selama hari itu. Jadi pengunjung bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan disiang hari.

Tidak hanya itu, jika kita mengunjungi pasar seni dipagi hari, kita tidak akan terlalu berdesak-desakan dengan mengunjung lain karena suasana masih sepi dan akan lebih leluasa untuk memilih barang dibandingkan dengan suasana siang hari yang penuh dengan pengunjung sehingga kita akan sulit memilih barang yang akan kita beli.

Perlu waktu sekitar kurang dari 2 jam untuk pengunjung menjelajah pasar apalagi untuk melihat-lihat dan membeli. Apalagi untuk pecinta seni karena banyak sekali barang hasil kerajinan dan kesenian yang dijual dipasar ini, pagi hari merupakan waktu yang tepat.

Daya Tarik dan Barang Dagangan

Didalam pasar dibagi menjadi dua wilayah yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Wilayah timur lebih banyak terdapat barang-barang keperluan pokok sehari-hari sedangkan di wilayah barat kita akan menemui hasil kerajinan dan karya seni.

Pusat Seni Ubud, Surga pecinta karya seni
Ubud Art Market

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama terletak pada hasil kerajinan dan karya seninya. Banyak penjual di pasar seni tradisional yang mengambil barang dagangannya langsung dari seniman dan pengrajin rumahan sehingga harganya pun lebih murah tapi berkualitas.

Tapi satu hal yang perlu ditandai, untuk pembeli alangkah lebih baiknya untuk melakukan tawar-menawar. Penjual pun tidak keberatan dengan hal itu karena penjual disini sangat baik dan ramah.

FAQ Ubud Art Market

  1. Dimana Lokasi Pasar Seni Tradisional Ubud (Ubud Art Market) ?

    Pasar seni tradisional berlokasi di Jalan Raya Ubud No.35 – Ubud, Bali

  2. Kapan Jam Buka dan Tutup Pasar Seni Tradisional Ubud ?

    Pasar seni tradisional buka mulai pukul 04.00 dan tutup pukul 18.00

  3. Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Pengunjungi/Berbelanja di Pasar Seni Ubud ?

    Di pagi hari, karena pembeli bisa mendapatkan harga barang yang lebih murah dan tidak terlalu banyak pengunjung sehingga tidak berdesakan.

  4. Katanya Pasar Seni, Kenapa Banyak Yang Menjual Sembako ?

    Didalam pasar terdapat dua wilayah, wilayah barat dan wilayah timur. Wilayah timur berisi lebih banyak yang menjual bahan pokok dan sembako, sedangkan wilayah barat lebih banyak yang menjual hasil kerajinan dan karya seni.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *